Unknown

Alat komunikasi kantor merupakan salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan pada saat ini. Peralatan ini memudahkan tiap pegawai berkomunikasi dengan pegawai lainnya. Atau perusahaan berkomunikasi dengan perusahaan lainnya. Karena sangat pentingnya alat komunikasi ini berada di kantor, maka tak jarang setiap kantor memiliki lebih dari satu jenis alat komunikasi. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak ingin kehilangan pelanggan hanya karena komunikasi yang tidak lancar. Hal ini juga berlaku pada pimpinan terhadap karyawannya.

Jenis peralatan komunikasi kantor sangat beragam dan terus berkembang pesat. Seperti contohnya, pada zaman dahulu komunikasi dilakukan dengan menggunakan sarana surat menyurat namun semakin berkembangnya teknologi maka surat beralih fungsi menjadi surat elektrik atau email. Maka dalam hal ini akan dijelaskan beberapa alat komunikasi kantor.

 

1. Surat

 

 

Surat merupakan alat komunikasi kuno yang masih dipakai hingga saat ini. Walau pun peran surat semakin tergusur karena perkembangan teknologi, namun surat masih dipandang perlu untuk digunakan. Pada saat ini surat sering dibutuhkan untuk mengaarkan informasi yang bersifat penting dan rahasia.

Surat memiliki beberapa fungsi, adapun fungsi dari surat dapat diuraikan sebagai berikut :

a.   Sebagai wakil dan pengirim surat (wakil instansi)

Surat bisa dikatakan sebagai uta bagi sebuah organisasi, dalam hal ini surat bisa menujukkan “kepribadian” suatu kantor. Hal ini dapat dilihat dari bahasa yang digunakan, kerapian hasil ketikan, tata bahasa, bahkan amplop suratpun dapat “berbicara” menjelaskan jati diri kantornya kepada pihak yang dituju. Maka selayaknya pegawai harus bisa menulis surat dengan menguasai seluk beluk pembuatan surat.

b.   Sebagai bahan pembukti

Surat dari suatu instansi juga dapat menjadi bukti bahwa kita pernah menjalin komunikasi kepada pihak lain, untuk itu ketika ada surat masuk atau surat keluar maka perlu dicatat dengan baik menggunakan buku agenda.

c.   Sebagai pedoman untuk mengambil tindakan lebih lanjut dari suatu masalah
Sering sekali komunikasi secara resmi antar instansi menggunakan surat, surat menjadikan informasi yang terkandung didalamnya menjadi pegangan bagi instansi bawahan.
d.   Sebagai alat pengukur kegiatan instansi 
Semakin banyak arus surat masuk dan keluar pada suatu kantor maka dapat menjadi tolak ukur banyaknya kegiatan yang dilakukan suatu instansi.
e.   Sebagai sarana untuk memperpendek jarak
Tujuan utama dari komunikasi via surat adalah memperpendek jarak. Walaupun saat sudah banyak alat komunikasi lain namun surat masih memiliki peranan penting dalam komunikas jarak jauh suatu kantor, apalagi dengan adanya surat elektronik (email).
Selain itu, surat dapat dibedakan menurut jenisnya, yang akan diuraikan sebagai berikut :
      a.    Menurut sifatnya surat dibedakan menjadi :
1)    Surat pribadi (prive) 
Yaitu surat yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Surat pribadi ini dibedakan menjadi dua yaitu surat pribadi yang sifatnya kekeluargaan (surat perkenalan, surat untuk orang tua, kakak, dsb), Surat pribadi yang bersifat setengah resmi (surat lamaran pekerjaan, surat ijin tidak masuk kerja, surat ijin tidak masuk sekolah, dsb). Surat pribadi ini biasanya menggunakan gaya bahasa sangat personal, bebas, tidak resmi serta boleh menggunakan bahasa sehari-hari; Tidak ada sistematika penyusunan surat yang baku; Pesan, amanat dan isi surat sangat beragam. Tergantung mood atau keperluan si pembuat; Tidak memerlukan kop surat dan aturan penulisan surat resmi lainnya. Manfaat menulis surat pribadi yaitu pesan dapat tersampaikan meskipun jarak jauh, mempererat tali persaudaraan, sarana latihan menulis efektif
2)  Surat niaga
Yaitu surat yang dibuat oleh badan usaha atau perusahaan yang isinya untuk kepentingan niaga. Surat niaga dibedakan menjadi Surat permintaan penawaran, Surat penawaran, Surat pesanan, Surat pengiriman barang, Surat pengakuan penerimaan pembayaran, Surat pengaduan, Surat keberatan, Surat permintaan penangguhan pembayaran, Surat tagihan, Surat edaran, Surat promosi penjualan, Surat telegram dan penegasannya.
3)  Surat Dinas
Yaitu surat yang dibuat oleh instansi pemerintah yang berisi menyangkut soal kedinasan. Surat dinas dapat dibedakan menjadi surat dinas swasta (surat penugasan, surat penelitian, surat pemberhentian), surat dinas pemerintah (surat perintah tugas, surat perjalanan dinas, surat teguran). Surat ini biasanya ditulis dengan bahasa yang formal, singkat, jelas, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
      b.    Menurut wujudnya
Menurut wujudnya surat dibedakan menjadi Kartu pos, Warkat pos, Surat bersampul, Nota, Memorandum, Telegram, Telex

2. Telepon


Telepon merupakan alat komunikasi kantor yang sering digunakan untuk menghubungi relasi atau langganan di luar perusahaan tersebut. Telepon berasal dari kata tele yang berarti jauh dan phone yang artinya suara berhubungan. Jadi dapat dikatakan bahwa telepon adalah alat untuk penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lainnya dan berjarak jauh, baik dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor.
a.   Telepon IP


Telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan protokol internet dalam pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkan hubungan dalam hal mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu. Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan data. Dalam perkembangannya, layanan telepon IP akan bekerja sama dengan perusahaan telepon lokal, provider jarak jauh seperti AT&T, perusahaan TV cabel, Internet Service Providers (ISPs), dan operator layanan wireless.
      
      b.    Telepon Konfrensi
Panggilan konferensi (bahasa Inggris: Conference call) adalah istilah yang digunakan untuk panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon dalam waktu bersamaan. Conference Call memungkinkan pengguna telepon yang berbeda lokasi untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Conference Call dapat diatur sedemikian rupa sehingga pihak yang ditelepon dapat berpartisipasi saat panggilan telepon dilakukan atau hanya mendengarkan percakapan dan tak bisa ikut berbicara. Conference Call seringkali disebut ATC (Audio Tele-Conference). 
      
      c.    Video Confrence


Conference call kini juga bisa menggunakan iPod dan jejaring sosial, yang menjadi bagian dari perkembangan jenis baru dalam interaksi. Video streaming atau penyiaran dari conference call memungkinkan audiens yang lebih luas untuk mengakses panggilan tanpa harus memencet nomor telepon menuju bridge. Saat menggunakan teknologi video conference, penelpon dapat saling melihat wajah masing-masing melalui layar televisi dan mendengar satu sama lain melalui sistem pengeras suara. Namun, kekurangannya biaya untuk menggunakan video conference tergolong lebih mahal karena peralatan yang digunakan. Jika peralatan tidak berkualitas tinggi, maka kelancaran video streaming menjadi tersendat-sendat bahkan tertunda.

3. Handphone


Handphone atau telepon genggam merupakan generasi baru dari telepon, jika telepon hanya digunakan pada kantor atau rumah, maka maka alat komunikasi portable yang bebas digunakan dimana pun mutlak diperlukan. Handphone wajib diguakan karena untuk mengantisipasi kegiatan pegawai yang semakin sibuk bahkan sampai ke luar ruangan.
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat. Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Saat ini dalam perkembangan handphone, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Dan badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI)
Ponsel dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu :
1) Ponsel Bisnis
Ponsel jenis ini telah memiliki kemampuan yang tergolong ponsel pintar (smartphone). Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.
2) Ponsel hiburan
Ponsel jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel.
3) Ponsel fashion
Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan sederhana. Tetapi dibalik itu semua, sebuah ponsel fashion dapat berharga berkali-kali lipat dari harga ponsel tercanggih.
4) Ponsel standar
Ponsel jenis ini untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang ditambahkan.

4. Email


Email merupakan surat yang diketik dan dikirim secara elektronik. Bersama handphone email menjadi alat komunikasi kantor yang sangat efisien. Email dapat mengirim surat dengan mudah, murah, cepat, dan dapat mengirim dalam jumlah yang banyak secara bersamaan. Email dapat digunakan di berbagai teknologi yang memiliki jaringan koneksi internet.
E-mail merupakan jenis program yang dapat mengirim surat, gambar, suara dan video secara bersamaan dan dalam waktu yang singkat dengan biaya yang murah. Terdapat dua jenis alamat E-Mail yang paling sering digunakan di dunia maya, email tersebut berasal dari GOOGlE dengan ekstensi @gmail.com dan YAHOO dengan ekstensi @ymail.com.
Kelebihan dari kegiatan surat menyurat melalui e-mail (surat elektronik), yaitu Informasi lebih cepat diterima oleh orang yang dituju, Biaya relatif lebih murah dibandingkan melalui jasa kurir atau pos, Umpan balik (feedback) dapat dilaksanakan secara langsung sehingga cepat menerima balasan, Dapat mengirimkan gambar-gambar atau foto dalam bentuk tiga dimensi sehingga lebih menarik, Dokumen bisa langsung disimpan dalam bentuk soft copy.
Kekurangan dari kegiatan surat menyurat melalui e-mail, yaitu Hanya bisa diakses oleh orang yang mempunyai fasilitas internet, Hanya bisa diakses oleh orang yang mengerti tentang internet, Dalam keadaan tertentu (jaringan sibuk) proses mengakses menjadi lamban, Dokumen dapat hilang atau rusak terkena virus, Ketergantungan pada alat (komputer dan jaringan internet) sangat tinggi.

5. Faximile

Faximile atau sering disebut fax merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan "copian" surat dengan mudah. Faximile menggabungkan kombinasi telepon dan surat. Cara kerja faximile adalah dengan men-scan surat yang sudah dicetak kemudian mengirimkan file hasil scan tersebut kepada mesin fax yang dituju.
Faximile memiliki fungsi untuk mengirim informasi atau dokumen ke berbagai tempat sesuai dengan yang kita inginkan, untuk menerima informasi dari berbagai tempat. Apabila mesin faksimile itu dilengkapi dengan sistem memori, maka faksimile dapat difungsikan untuk menyimpan dokumen sampai dengan beberapa lembar, mencetak sampai beberapa lembar kopi, dan menyimpan berbagai alamat.
Keuntungan menggunakan faksimile adalah memungkinkan bentuk asli dokumen terlihat jels, waktu yang lebih cepat, data yang akurat, hemat tenaga dan biaya, pengoperasiannya lebih praktis, sehingga setiap orang dapat menggunakannya.

6. Intercom/Aiphone


Intercom merupakan singkatan dari inter comunication. Intercom sangat dibutuhkan di perusahaan yang memiliki unit bagian yang banyak. Cara kerja intercom sama seperti telepon, yang membedakannya adalah pada intercom tidak memerlukan sambungan telepon berbayar (tidak terkena biaya). Sehingga penggunaanya sangat hemat.
Selain keenam alat komunikasi kantor diatas, terdapat juga alat komunikasi lainnya yang dapat juga digunakan untuk melakukan hubungan komunikasi dengan pihak lain seperti Radio, Televisi, Majalah, Koran, ataupun Media Sosial (Facebook, twitter, dll). Namun penggunaan media lainnya tidak atau belum berpengaruh banyak terhadap perkembangan komunikasi di kantor.









Refrensi :
Dino, Anugerah. ”Alat Komunikasi Kantor”. 1 April 2015. http://anugerahdino.blogspot.com/2015/02/alat-komunikasi-kantor.html.
Dino, Anugerah. ”Pengertian dan jenis-jenis surat”. 1 April 2015. http://anugerahdino.blogspot.com/2014/03/sekilas-tentang-surat-menyurat.html
Dino, Anugerah. “Telepon dan Perkembangannya”.  1 April 2015. http://anugerahdino.blogspot.com/2014/09/telepon-dan-perkembangannya.html
Dino, Anugerah. “Jenis dan fungsi telepon”. 1 April 2015. http://anugerahdino.blogspot.com/2014/09/jenis-dan-fungsi-telepon-seluler.html
Dino, Anugerah. “Kelebihan dan Kekurangan Email”. 1 April 2015. http://anugerahdino.blogspot.com/2014/08/kelebihan-dan-kelemahan-e-mail.html

Dino, Anugerah. “Cara Menggunakan Faximile”. 1 April 2015. http://anugerahdino.blogspot.com/2014/09/mesin-komunikasi-faximile.html






2 Responses
  1. Unknown Says:

    Informasi yang bagus dan bermanfaat..
    Terima kasih.....

    Jangan lupa kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
    --------------------------
    IT Marketing
    PT Cendana Teknika Utama
    0813 1020 7780


  2. Fadhil Says:

    Kepada YTH
    Bag. Import Dept
    Dengan Hormat,

    Bersamaan dengan ini perkenalkanlah Kami dari PT.PRESSTI ASIA INDONESIA Yang begerak dibidang Jasa Export –Import Door To Door
    Kami Adalah Spesialis Dalam Pengiriman Barang Ekspor Dan Impor Dengan Layanan ‘Door To Door Service’. Melalui Layanan Ini Kami Akan Mengangkut Barang Mulai Dari Pintu Sipengirim Sampai Ke Pintu Sipenerima Barang. Anda Dapat Memanfaatkan Layanan Kami Dengan Harga Terjangkau Karena Kami Menawarkan Harga Yang Kompetitif Serta Dikombinasikan Dengan Layanan Transportasi Cepat Ke Dan Dari Berbagai Negara Di Dunia Dan Barang Tersebut Akan Kami Antar Sampai Ke Door Tempat Bapak.

    (Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya)

    Pelayanan Utama:
    - Jasa Export Import Door To Door/
    Borongan
    - Door To Door Service
    - Domestic Service
    - Customs Brokerage–Custom Clearance
    - Under Name
    - Import Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Export Sea Freight Dan Air Freight Service

    mengenai biaya pembayaran akan kami tagih setelah barang sudah sampai ketempat


    Demikianlah penawaran jasa yang Kami ajukan semoga menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak / Ibu untuk menjadi mitra Kami
    Moto Kami : Kesuksesan Anda menjadi Kesuksesan Kami, Solusi Kami menjadi kepercayaan Anda.


    Terimakasih
    Hormat kami,

    FADHIL PRATAMA

    PT. PRESSTI ASIA INDONESIA

    Jln.Raya Lenteng Agung Kav 22 No.20 Jakarta Selatan.
    Hp : 0821-1020-3897
    BBM : D266847A
    Tlpn :021-7888 6569
    Fax :021-7888 6594
    Email: fadhil.pt.pressti@gmail.com


Posting Komentar